Rabu, 24 Februari 2010

Hal-hal yang Diperlukan Untuk Mengakses dan Diakses

Hal-hal yang Diperlukan Untuk Mengakses dan Diakses

Cara Internet Bekerja:
Internet merupakan jaringan worldwide pada komputer yang memfasilitasi kita untuk mengakses informasi di mana pun kita berada.
Sejarah internet dimulai pada tahun 1950 ketika Departemen Pertahanan Amerika mulai membuat sistem komunikasi desentralisasi supaya setiap elemen pemerintahan dapat berkomunikasi satu sama lain agar dapat menanggulangi ancaman bahaya nuklir. Militer AS pun membentuk Advance Research Project Agency (ARPA) untuk mempelajari bagaimana menghubungkan jaringan. Karena masa itu belum ada cara yang tepat untuk mengombinasikan LAN (jaringan lokal) dan WAN (lebih luas dari LAN), ARPA pun menciptakan kombinasi antara LAN dan WAN yang lalu disebut dengan internetwork yang kini lebih dikenal dengan internet.
Menurut Zwass (1998) internet terbagi menjadi tiga level, yaitu:
1. Infrastruktur : perangkat keras , perangkat lunak , database , dan telekomunikasi.
2. Pelayananan : pelayanan berbasis perangkat lunak seperti mesin pencari , uang digital , dan sistem keamanan .
3. Produk dan pelayanan : website dari perusahaan dan pasar (marketplace).

Internet sebagai alat mengakses informasi
World wide web (www) merupakan sepaket teknologi yang menerapkan interaktivitas grafis . Hasilnya , kita dapat berinteraksi dengan komputernya melalui mouse (tetikus) , ikon-ikon tertentu , dan elemen lainnya . Sehingga tidak perlu menggunakan instruksi yang rumit lagi .
Www ini sangat berpengaruh secara signifikan pada marketer , ia menjadi populer di kalanagan konsumen maupun pebisnis karena kemudahannya untuk digunakan dan kapabilitasnya untuk menampilkan informasi dengan jelas .
Berbagai perangkat internet yang berbeda – beda sesuai kegunaannya memenuhi kebutuhan penggunanya , antara lain sebagai berikut:
- Surat elektronik / e-mail , dikenal sebagai metode dari mengirim dan menerima pesan elektronik , misalnya berita mengenai produk baru atau promosi penjualan . merupakan bentuk primitif dari metode ’push’ . Dengan e-mail, marketer bisa mengukur : jumlah customer-support-related emails , jumlah permintaan untuk informasi produk , jumlah //////////////////
- Internet Relay Chat ( IRC ) , sebuah alat komunikasi tersinkronisasi yang melayani obrolan berbetuk teks antara pengguna berbeda yang masuk pada saat yang bersamaan .
- Usenet newsgroups , sebuah papan buletin elektronik yang digunakan untuk mendiskusikan topik tertentu seperti hobi , olahraga , atau hal – hal yang menyangkut soal bisnis . Dulu hanya bisa diakses lewat pernagkat lunak khusus , sekarang bisa diakses dengan web browser lewat Deja News ( www.dejanews.com )
- FTP file transfer , digunakan sebagai standar untuk memindahkan dokumen melintasi internet . FTP tersedia sebagai fitur dari web browser dasn bisa digunakan sebagai aplikasi pemasaran seperti mengunduh dokumen ( daftar harga atau spesifikasi produk ) . Selain itu juga digunakan untuk meng-update dokumen HTML ( Hypertext Markup Language ) pada halaman web .
- Ghopers, Archie dan WAIS , alat – alat ini sangat penting sebelum www digunakan untuk menyimpan dan mencari dokumen – dokumen dari internet .
- Telnet , menyediakan akses remote kepada sistem komputer . Contohnya : sebuah retailer bisa mengecek stok yang ada di tokonya denagn aplikasi telnet .
- Push Channel , informasi disiarkan lewat internet atau intranet dan diterima menggunakan web browser atau program khusus .
- World wide web ( www ) , www banyak digunakan untuk mempublikasikan informasi dan menjalankan aplikasi bisnis lewat internet .

world wide web, internet, intranet dan ekstranet
Seperti yang telah disebutkan di atas, www (world wide web ) membuat penerbitan informasi dari internet menjadi bentuk yang mudah digunakan . Jika dianalogikan seperti televisi , maka internet merupakan perangkat keras seperti seperangkat televisi dann transmitter-nya , sedangkan www menjadi konten yang ditampilkan di televisi tersebut . Medium yang digunakan adalah HTML ( Hypertext Markup Language ) .
Intranet adalah sebuah jaringan pada sebuah perusahaan yang memungkinkan untuk mengakses informasi perusahaan dengan menggunakan peralatan yang familiar seperti web browser dan e-mail . Hanya staff di dalam perusahaan yang bisa mengakses intranet , dengan suatu password tertentu .
Selain intranet , juga ada extranet yang dibentuk dengan memperluas intranet agar bisa diakses oleh konsumen , pemasok , kolaborator , atau bahkan kompetitor .Password juga dipakai untuk melindungi dari akses pengguna internet umum .

kontak internet sebagai pengguna dan hosting a website.
Untuk terhubung dengan internet dan mengakses www , sebuah perusahaan atau individual harus memiliki :
1. Hardware
- komputer untuk menjalankan web browser dan perangkat lunak untuk terhubung pada internet misalnya : telepon genggam , PDA ( Personal Digital Assistant ) .
- Modem agar terhubung dengan internet ( untuk rumah atau perusahaan kecil ) , atau server untuk perusahaan yang lebih besar .
- Sebuah koneksi digital atau analog ke internet berbentuk hubungan telepon , kabel , atau jaringan area luas .
2. Perangkat lunak
- sebuah web browser seperti Microsoft internet explorer atau Mozilla Firefox yang sejalan dengan sistem operasi pada komputer untuk menampilkan halaman web .
- perangkat lunak yang tersambung untuk menggunakan TCP/IP standar dari internet .
3. Service Provider
Sebuah koneksi kepada internet menggunakan ISP ( Internet Service Provider ) .
ISP adalah perusahaan yang menyediakan bagi pengguna rumahan atau bisnis sebuah koneksi untuk mengakses internet . ISP juga bisa menjadi web site tuan rumah atau menyediakann hubungan dari web server kepada akses perusahaan atau konsumen lain kepada website perusahaan .

Hosting a website
To ‘host’ adalah sebuah term untuk mendeskripsikan seluruh proses dari menciptakan, mengatur, dan membuat sebuah website dapat digunakan . Untuk melakukannya , dibutuhkan hal-hal berikut :
1. Perangkat keras
- Sebuah server komputer yang powerful seperti PC dengan spesifikasi tinggi
- server gerbang menuju internet
- sebuah koneksi digital ke internet sebagai bentuk dari dedikasi rantai komunikasi .
2. Perangkat Lunak
- Perangkat lunak web server untuk mengirim konten web ke web browser.
- Alat-alat untuk membuat konten di format HTML dan grafis dan menggunakan bahasa skrip seperti Javascript. Misalnya Webedit Pro, Hotmetal Pro dan Microsoft Fontpage.
- Alat-alat FTP untuk mentransfer konten lengkap ke web server.
- Alat-alat untuk memonitor penampilan dari website
- Perangkat lunak komunikasi yang mendukung TCP/IP
3. Penyedia layanan
Sebuah koneksi ke internet menggunakan ISP.
4. Sebuah nama domain teregistrasi untuk website.

Sumber:
Chaffey, D., Mayer, R., Johnson, K. & Ellis-Chadwick, F. (2000). Internet Marketing:
Strategy, Implementation, and Practice, First Published, London: Prentice-Hall, Inc.
Bab 3.
Nixu, How internet works
Response Paper Mata Kuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi, Taaruf dengan
Internet oleh Nisa Anjarsari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar