Rabu, 24 Februari 2010

Cara Ampuh Mencari dan Mengelola Informasi dari Internet

Cara Ampuh Mencari dan Mengelola Informasi dari Internet

Ada empat cara utama untuk mencari informasi melalui internet, yaitu :

1.Mengetik alamat web langsung pada web browser

Ini adalah cara paling efektif untuk mencari informasi lewat internet.
Setelah alamat situs web diketik di halaman web browser, maka web browser tersebut akan melokasikan dan membuka halaman web terketik. Bentuknya adalah www.domain-name.extention/file-name.html. Alamat web yang diketahui biasanya lewat word-of-mouth, melihat dari iklan, dan lainnya.
Jika kita ingin memperkirakan suatu alamat situs web, pasti yang paling banyak diketik adalah .com , walaupun misalnya alamat yang benar memakai .co.id.

2.Dengan mesin pencari ( search engines)

Mesin pencari menyediakan sebuah index dari berbagai kata yang ada di world web wide. Pengguna tinggal mengetik kata yang dicari dan akan ditampilkan indeks yang sesuai dengan kata-kata tersebut. Biasanya yang ditampilkan adalah hyperlink dan rangkuman dari kalimat pertama dari halaman web. Tapi, hanya situs web yang terdaftar yang akan ditampilkan oleh mesin pencari. Untuk mendaftar, pemilik situs harus mengontak perusahaan penyedia mesin pencari dengan menyediakan URL dalam bentuk elektonik. Ini penting untuk mempromosikan website.
Mesin pencari biasa menggunakan peralatan otomatis khusus yang dikenal sebagi laba-laba (spider) atau robot untuk mengindeks halaman web yang teregistrasi. Pengguna bisa mencari indeks ini dengan mengetik kata kunci sesuai keinginannya dan halaman web yang mengandung kata kunsi itu akan muncul di daftar , lalu pengguna tinggal meng-klik hyperlink yang akan membawanya ke situs web tersebut.

3.Direktori ( web catalogue)

Direktori menyediakan daftar terstruktur dari situs web teregistrasi dalam kategori yang berbeda-beda. Mirip dengan versi elektronik dari Yellow Pages. Yahoo dan Yell adalah contoh dari direktori ini.
Direktori yang paling terkenal adalah Yahoo!, bahkan versi regional negaranya seperti di Indonesia (www.yahoo.co.id) , di Jerman (www.yahoo.yahoo.de) , dan United Kingdom (www.yahoo.co.uk) juga terkenal di masing-masing negara tersebut.
Direktori bekerja dengan cara yang berbeda dari mesin pencari karena memiliki hierarki dari informasi yang disimpan
Direktori bekerja dengan cara yang berbeda dari mesin pencari karena memiliki hierarki dari informasi yang disimpan berdasarkan kategorinya. Contoh : jika ingin mencari agen perjalanan khusus penerbangan murah di United Kingdom maka pengguna harus membuat hierarki untuk memilih:
Regional:Counntries:United Kingdom:
Business:Companies:Travel:Agents:Direct
Maka pengguna akan diarahkan pada situs www.cheapflights.co.uk .
Yahoo! Sering disamakan denganmesin pencari, padahal cara kerjanya berbeda secara teknis. Yahoo! Lebih selektif dari mesin pencari karena hanya efektif pada indeks dari halaman muka, bukan dari seluruh bagian situs web. Direktori Yahoo! Dibuat oleh manusia sejak masukan dari pategori harus dimasukkan secara manual lewat layar. Kualitas pelayanan juga diperhatika oelh Yahoo! Sehingga, situs dengan pelayanan kurang baik belum tentu bisa ditampilkan di layar Yahoo! Maka, makin jelas perbedaan antara direktori dengan mesin pencari.

4.Berselancar ( surfing )


Dalam mengelola informasi, marketer bisa memakai tips-tips berikut:
1. Memakai bookmarks
’Bookmarks’ di Netscape dikenal sebagai ’Favorites’ di Internet Explorer.
- Gunakan Favorites, Add To Favorites (Internet Explorer), Communicator, Bookmarks, Add Bookmarks (Netscape Navigator) untuk menyimpan halaman untuk dikunjungi lagi. Itu adalah bookmarks personal yang tersimpan di hard disk.
- Menyetel Favorites menjadi homepage. Pilih View, Inteernet Options, Navigation Tab. Setel Page = Start Page dan Address = C:/Windows/Favorites (internet Explorer 4.0) atau Edit, Preferences ( Netscape Navigator)
2. Mencetak informasinya
Pilih File, Print
3. Menyimpan teks sebagai bahan bacaan atau cetak
-Bila disimpan sebagai teks, pilih File, Save As File, Save File As Type Plain Text (.txt)
-Jika tidak ingin memakai semua teks untuk disimpan, pilihlah teks yang diinginkan dengan melakukan klik kiri dan drag, pilih Edit, Copy. Buka dokumen Word baru, lalu pilih Edit, Paste.
4. Menyimpan gambar atau diagram
Klik kanan pada gambar, lalupilih Save Image As. Jika membuka dokumen word, kita bisa memakai gambar yang disimpaan dengan memilih Insert, Picture.

pola pencarian informasi konsumen
Saat mencari informasi yang kita cari, berikut metode yang bisa dipakai untuk menemukan perusahaan, pasar, dan informasi bisnis umum:
Perusahaan dan pasar bisnis yang berbeda
Gunakan Web catalogue adalah cara terbaik.
Produk dan Jasa
Gunakan mesin pencari
Perusahaan Lokal
Untuk perusahaan yang beroperasi di area lokal gunnakn database online lokal. Yellow Pages elektronik bisa digunakan untuk mencari berdasarkan wilayah dengan menggunakan kode pos atau negara. Alamatnya adalah www.eyp.com
Informasi industri
Standar untuk media berita untuk masing-masing negara dalam Yahoo! Dengan hierarki seperti ini: /Regional/Countries/Indonesia/News_and_Media:Newspapers
Informasi media bisnis elektronik dapat tersedia di portal.
Situs untuk mencari data digital merketing
Kunjungi www.cyberatlas.com, www.nua.ie, www.brint.com, www.marketing-online, www.marketingnet.co.uk
Konsultan manajemen
Kunjungi www.kpmg.com, www.andersen.com, www.eyi.com, www.pwcglobal.com, www.ibm.com, www.dc.com
Majalah bisnis intenasional
Kunjungi www.economist.com, www.businessweek.com, www.fortune.com, www.forbes.com, www.cio.com, www.pathfinder.com/time, www.mckinnseyquarterly.com, www.mitsloan.mit.edu/smr

Strategi Riset Pemasaran
Riset pemasaran adalah masukan penting bagi pembuatan keputusan strategi pemasaran. Ini mencakup kumpulan informasi dalam lingkup lingkungan mikro dan makro.
Ada dua tipe data, yaitu data primer dan sekunder. Data primer di ddapat langsung dari wawancara, diskusi, atau kuesioner yang diisi responden. Sedangkan data sekunder didapat dari sumber internal dan eksternal yang telah dikumpulkan dan diolah.
Internet cukup baik dalam menyediakan data sekunder karena pemasar dapat menemukan laporan perusahaan, laporan pemerintah, data ekonomi, dan hasil survey. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.
Ketika mencari data sekunder dari internet, harus menjawab pertanyaan berikut:
Apakah relevan? , Apakah akurat?, Apakah up to date?. Jika semua jawabannya adalah ‘Ya’ maka data sekunder tersebut layak digunakan.

Implikasi untuk Pemasar
Banyaknya tipe metode pencarian data maka pemasar dapat menggunakannya sebagai berikut:
Karena banyaknya sumber yang digunakan untuk mengakses informasi, perusahaan harus mempromosikan situs web-nya dengan merepresentasikan sebanyak-banyaknya cara untuk mencari informasi tersebut agar traffic yang terjadi bisa sebesar mungkin.
Informasi dalam situs web harus bisa dicari oleh sebanyak-banyak pengguna internet, walaupun mereka memiliki perilaku pencarian yang berbeda-beda. Maka situs harus bisa memgakomodir:
-semua perilaku berbeda, misalnya pencari informasi langsung atau pencari informasi tidak langsung (browsers)
-Semua tahap berbeda dalam mengadopsi situus web
-Semua tingkat berbeda dalam keputusan pembelian
Peran dari teknih ’push’ seperti harian via e-mail tidak bisa diremehkan sebagai alat untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Daftar Pustaka:
ACCA, Finding Information on the Internet (2005), England: Directors’ Briefing. Hal
1-4

Chaffey, D., Mayer, R., Johnston, K., dan Ellis-Chadwick, F. (2000). Internet Marketing:
Strategy, Implementation and Practice, First Published, London:Prentice-Hall, Inc. bab
4, hal: 86-115

Dilley, John., Maggs, Bruce., Parikh, Jay., Prokop, Harald., Sitaraman, Ramesh., Weihl,
Bill. (2002), Globally Distributed Content Delivery, Akamai Technologies: Global
Deployment of Data Centers. Hal: 50-58

1 komentar:

  1. Kalo ada pic dalam artikel, pasti lebih ok tampilannya...

    BalasHapus