Sabtu, 17 April 2010

Pengukuran Efektivitas Pemasaran Interaktif


- Pemeliharaan proses, tanggung jawab dalam pemeliharaan website
Demi kontrol yang efektif dari sebuah website, adalah hal yang penting untuk memiliki sebuah definisi jelas untuk membuat perubahan pada konten website . Proses ini harus dimengerti oleh semua staf yang bekerja untuk website tersebut . Tentunya sesuai dengan jobdesk sesuai keahlian profesi masing – masing . Tahap – tahap utama dalam memproduksi sebuah halaman web adalah untuk mendesain ,menulis , menguji , dan menerbitkannya . Tugas – tugas yang tercakup dalam memelihara website adalah sebagai berikut :
1 . Write , atau menulis . Tahapan ini mencakup menulis kopi pemasaran , mendesain tata letak dari kopi dan gambar – gambar yang terasosiasi .
2 . Review atau tinjauan . Sebuah tinjauan mandiri dari kopi berguna untuk mengecek kesalahan yang mungkn bisa terjadi sebelum sebuah dokumen diterbitkan . Tergantung dari besar kecilnya sebuah organisasi , tinjauan dapat dilakukan oleh satu atau beberapa orang yang melingkupi aspek – aspek berbeda dari kualitas website seperti citra oerusahaan , kopi pemasaran , branding , dan legalitas .
3. Correct atau ketepatan . Pada tahapan ini adalah keterusterangan .
4 . Publish ( to test environment ) . tahap publikasi terdiri dari meletakkan kopi yang benar pada halaman website yang bisa di-cek lebih jauh . Ini bisa jadi tes lingkungan yang hanya bisa dilihat oleh internal perusahaan .
5 . Test . Sebelum halaman website yang lengkap , dibuat bisa dipakai di world wide web . Misalnya apakah bisa ditampilkan pada browser yang berbeda .
6 . Publish ( to live environment ) . ketika segala sesuatunya sudah diuji dan menghasilkan epuasan , maka website siap diluncurkan .
Materi website harus selalu diperbaharui . Terutama ketika ada perubahan dari hal – hal yang ditampillkan . Misalnya , harga produk , spesifikasi tipe barang tertentu , dan lainnya . Sehingga informasi yang terpampang semua benar adanya .
Selain itu , fungsi dari terus memperbaharui materi website adalah untuk mengundang pengunjung untuk datang berkali – kali ke website kita . Pengunjung pasti akan betah berlama – lama dan berulang kali bertamu ke website kita jika selalu ada berita baru yang secara konsisten disajikan berkala .
Pemeliharaan website cenderung lebih mudah jika dilakukan pada perusahaan kecil , karena bisa dilakukan oleh satu orang saja . Masalah muncul justru ketika website sudah dipegang oleh banyak orang . Hal ini disebabkan pesan yang terdapat dalam website harus mengandung konsistensi . Apalagi pada perusahaan yang telah lintas negara bahkan benua . Untuk itu , Sterne ( 1999 ) menyarankan hal – hal yang bisa dilakukan untuk melakukan pemeliharaan yang sukses . Pertanyaan mendasarnya adalah :

1. siapa yang memegang proses ?
Pihak yang akan bertanggung jawab pada keseluruhan proses . Hal ini menyangkut berbagai pihak seperti manager pemasaran , departemen IT . Komunikasi yang terjadi antara dunia online dengan offline harus selaras . erusahaan seperti Orange dengan www.orange.net nya , begitu juga Ford dengan www.ford.cu.uk berhasil menjalankan proses ini dengan baik . Di mana konten website selalu konsisten dengan kampanye media lainnya .
- siapa yang memegang konten ?
Ada sebuah posisi bernama content developer , ia adalah orang yang bertanggung jawab memperbaharui website sebagai bagian dari organisasi . Pengisi posisi ini harus merupakan orang dalam organisasi karena sangat krusial jika menyerahkannya pada orang luar .
- Siapa yang memegang format ?
Format merujuk pada aspek yang berbeda dari desain dan tata letak dari website , biasanya mengarah pada penglihatan dan perasaan . Tujuan utamanya adalah konsistensi dari format untuk keseluruhan website . Dengan konsistensi format yang terjadi , maka kualitas dari website dan oengalaman pelanggan akan menjadi lebih baik karena :
-website akan lebih mudah untuk digunakan
pelanggan yang sudah familiar dengan menggunakan satu area pada website tidak akan ragu untuk membuka bagian lainnya .
-elemen desain dari website akan serupa
Pengguna akan merasa lebih betah dengan situs juka bagian yang berbeda terlihat serupa
-citra / branding perusahaan akan konsisten dengan branding di duni nyata dan serupa antar seluruh website .

- Siapa yang memegang teknologi ?
Teknologi yang digunakan untuk menerbitkan website penting jika perusahaan menggunakan kekuatan total dari internet . Hal ini menjadi signifikan saat perusahaan ingin membuat katalog yang bisa melayani pemesanan online . Ketika fasilitas ini ditambahkan , maka website berubah dari sistem yang terisolasi pada satu pihak menjadi harus terintegrasi dengan teknologi lain seperti database pelanggan , kontral stok , dan sistem yang memproses pemesanan penjualan .


- pengukuran efektivitas pemasaran interaktif.
Pengukuran adalah salah satu aktivitas paling penting yang terjadi sejak suatu website diterbitkan . Menganalisa kefektifannya sangat krusial dalam menentukan strategi dan memperbaikinya ketika menghadapi masalah .
Maka tujuan perusahaan harus bertemu dengan strategi pemasaran internet . Tercapainya tujuan pemasaran yang dirancang dari perencanaan dan strategi pemasaran internet harus diketahui . Selain itu , tujuan dari komunikasi pemasaran pada pemasaran internet apakah tercapai atau tidak .
Ketiga hal tersebut dapat terjawab dengan melakukan pengukuran .

Sumber :
Chaffey, D., Mayer, R., Johnson, K. & Ellis-Chadwick, F. (2000). Internet Marketing:
Strategy, Implementation, and Practice, First Published, London: Prentice-Hall, Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar