Sabtu, 17 April 2010

E-commerce dan Rekan-rekannya


Transaksi E-commerce:
- Pemahaman, sejarah dan peranan e-commerce,
Commerce didefinisikan oleh New Oxford Dictionary of English sebagai : ‘ aktivitas membeli dan menjual , terutama pada skala besar ‘ . Variasinya mulai dari pembelian grosir dari supermarket terkecil sampai penyediaan bahan pada perusahaan raksasa internasional , samapi keperluan pemerintah seperti kapal perang . Pada penggunaan umum , commerce memiliki arti melebihi dari sekedar pembayaran . hal ini meliputi pencarian alternatif solusi , perbandingan harga , kegunaan , penampilan , citra , bahkan negosiasi harga , investigasi dari reputasi dan pengapalan dari barang yang telah dibeli .
Electronic commerce juga memeliki arti luas dan arti sempit . Penulis – penulis seperti Kosuir ( 1997 ) dan Zwass ( 1998 ) menggunakan definisi yang luas . Zwass ( 1998 ) mendefinisikan e-commerce sebagai ; ‘ berbagi informasi bisnis , menjaga relasi bisnis , dan mengatur transaksi – transaksi bisnis dengan perangkat jaringan tellekomunikkasi ‘ . Kalakota dan Whinston ( 1997 ) menekankan bahwa e-commerce memiliki beberapa definisi , tergantung konteksnya . Buku mereka dan lainnya , mencoba untuk berfokus pada transaksi bisnis dan metode untuk mengimplementasinya menggunakan matode keamanan yang berbeda misalnya. Arti sempit dari e-commerce adalah konsisten dengan pengalaman dari pengguna kasual dari internet ; ecommerce adalah apa yanng terjadi saat kita bergeser dari browsing di internet menjadi membeli sesuatu .
Jadi , transaksi e-commerce adalah perdagangan barang dan jasa menggunakan internet dan media digital lainnya .
Konsep e-commerce berkaitan langsung dengan PCs ( personal computers ) dan world wide web . Pada tahun 1970 – an Electronic Data Interchange ( EDI ) dan Electronic Funds Transfer ( EFT ) atau EDI keuangan meliputi jaringan keamanan swasta menjadi madel ajeg dari transaksi intra dan antar perusahaan . Untuk beberapa dekade perusahaan –perusahaan besar seperti bank , bandara , dan manufaktur – manufaktur mennerima keuntungan dari meningkatkan efisiensi kantor dan perubahan proses penyuplaian , membantu mereka mangoptimalkan inventaris , mengoperasikannya lebih efisien dan memperbaiki pelayanan terhadap konsumen .
Electronic Data Interchange ( EDI ) adalah pertukaran menggunakan media digital , dari dokumen bisnis yang distandarisasi .
Financial EDI adalah sebuah aspek dari mekanisme pembayaran elektronik termasuk transfer atau pendanaan dari bank penjual atau pembeli .

- Transaksi melalui internet, pengelolaan resiko keamanan,
Uang tunai elektronik saat ini merupakan bentuk dari semakin abstraknya mata uang, jika dulu berbentuk koin emas atau lembaran kertas yang memiliki nilai insrinsik , sekarang ’ hanya ’ terdiri dari bit nol dan saatu pada dunia cyber. Tapi , apapun bentuk uangnya , peraturan pembayran tetaplah sama : keamanan , kejujuran , dan efisiensi dari pertukaran . Pada konteks spesifik seperti e-commerce , berikut daftar detil dari atribut implementasinya.
- peraturan sistem pembayaran harus : aman , mudah bagi penjual dan pembeli untuk menggunakannya ,

- Pasar konsumen dan bisnis e-commerce, dan lingkungan komersial untuk e-commerce.
Ada beberapa jenis transaksi dalam perdagangan elektronik, diantaranya ialah B2B (Business to Business ) dan B2C ( Business to Consumer ) , C2B ( consumer to Business ) , dan lain – lain .
B2B atau Business to Business , merupakan transaksi elektronik maupun online yang melibatkan perusahaan-perusahaan .
B2C atau Business to Consumer adalah segala aktivitas perdagangan elektronik terhadap pelanggan awam, bukan terhadap sesama pebisnis. Yang dilakukan seperti transaksi jual-beli biasa, dan biasanya dilakukan melalui internet / world wide web (www). Barang maupun jasa yang dijual beragam , mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga benda mewah.
C2B ( Consumer to Business )
Seorang konsumen memasukkan proyeknya dengan budget tertentu secara online kemudian dalam hitungan jam perusahaan memberikan review persyaratan yang diberikan oleh konsumen tersebut dan menawar proyek tersebut . Konsumen kemudian mereview tawaran yang ada dan menentukan perusahaan mana yang akan melengkapi proyek tersebut .
C2C ( Consumer to Consumer )
Transaksi antara konsumen ke konsumen online, seperti dalam forum dan lelang. Saat ini telah banyak situs yang menawarkan free classifieds, lelang, dan forum di mana setiap individu dapat membeli dan menjual, misalnya pada sistem pembayaran online yang dijalankan oleh PayPal . E - bay misalnya , juga jasa lelang dalam internet yang terkenal di mana transaksi antara person - to - person .
Penerapan e-banking di Indonesia pertama kali diluncurkan oleh Bank Sentral Asia atau BCA dengan sistem “Klik BCA”-nya.
Untuk berbelanja secara online, tentunya diperlukan PayPal . PayPal adalah sistem pembayaran yang sesuai dengan transaksi online. Dengan menggunakan PayPal, pengguna internet dapat membeli barang di situs yang menawarkan fasilitas e-commerce, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim dan menerima donasi/sumbangan, mengirim uang kepada pengguna PayPal lainnya di seluruh dunia dan berbagai transaksi lainnya.
Sumber:
Chaffey, D., Mayer, R., Johnson, K. & Ellis-Chadwick, F. (2000). Internet Marketing:
Strategy, Implementation, and Practice, First Published, London: Prentice-Hall, Inc.
The OECD Definition of Internet and E-Commerce Transactions: Measuring the
Information Economy, 2002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar