Jumat, 19 Maret 2010

Strategi Promosi Website

Peranan promosi website
Sangat berguna bagi pihak yang mengurus website perusahaan untuk engetahui strategi untuk menyeimbangkan investasi tahunan pada: pengembangan website , perawatan website , dan promosi website . Jumlah dari investasi tiap tahap tersebut diperkirakan sekitar seperempat atau sepertiga dari investasi originalnyaa . Jumlah yang besar dikeluarkan untuk merawat website , terutama untuk selalu memperbaharui konten dan informasi agar sesuai dengan kebutuhan pengguna saat mengunjungi website tersebut . Sebenarnya , investasi yang dikeluarkan untuk promosi website jauh lebih kecil dibanding dengan media lainnya , sekitar nol sampai lima persen . Sejumlah kecil yang digunakan biasanya untuk iklan banner dan sebagian besar promosi website dilakukan melalui meletakkan nama dan profil website perusahaan di media konvensional atau alat tulis kantor perusahaan . Untuk itulah kita harus mengetahui teknik promosi website pada media online dan offline sekaligus agar bisa digunakan beriringan secara efektif.

Teknik-teknik promosi online
Ulasan mengenai promosi online biasanya menggunakan iklan benner untuk menarik perhatian khalayak untuk mengunjungi website perusahaan . Kenyataannya , iklan banner cukup terbatas nilainya dan banyak perusahaan menggunakannya untuk berpromosi . Kebanyakan perusahaan menggunakan iklan banner sebagai medium yang paling cocok untuk berjualan secara online , misalnya untuk produk buku , komputer , hingga jasa konsultan keuangan . Kecuali untuk komputer , kebanyakan iklan terrsebut ditujukan untuk konsumen , bukan untuk pebisnis juga . Tapi hal ini bukan berarti beriklan di internet tidak efektif , mengingat biaya rendah yang dikeluarkan . Kita akan membagi promosi online menjadi dua area : iklan banner dan metode lainnya . teknik – teknik ini sering dikombinasikan pada kampanye pembangunan arus ( traffic building campaign ) .

Traffic building campaign adalah metode yang menggunakan teknik promosi online dan offline seperti iklan banner , promosi dengan mesin pencari , dan mata rantai timbal balik ( reciprocal linking ) untuk menaikkan jumlah pengunjung website ( baik pengunjung baru maupun yang sudah pernah memngunjungi website sebelumnya ) . Metode ini bertujuan untuk menaikkan jumlah pengunjung website dengan menggunakan teknik – teknik online yang berbeda , tetap dengan kemungkinan menggunakan teknik offline juga .

Online advertising
Iklan Banner
Iklan yang dipasang pada website biasanya berbentuk iklan banner . Disebut demikian karena biasanya iklan ini ditempatkan melintang pada bagian atas dari halaman web . Iklan banner adalah sebuah persegi panjang pada halaman website yang digunakan untuk beriklan . Biasanya ditampilkan untuk bisa di-klik untuk mengakses informasi lebih lengkap . Iklan banner bisa tampil statis atau dengan animasi .
Kekuatan dari iklan banner adalah bisa dikhususkan pada target khalayak tertentu . Perusahaan biasanya memakai iklan benner atas dasar dua alasan utama , yaitu : berharap konsumen meng-klik iklan tersebut dan akan disuguhkan informasi merek secara detail dari website perusahaan , atau semua pengunjung akan melihat iklan secaara sadar maupun tidak . Hal ini membantu mengukuhkan citra merek . Misalnya www.amazon.com yang beriklan secara luas untuk menaikkan kesadartahuan dari merek-nya .

Metode lain promosi online
Promosi pada mesin pencari dan direktori
Aspek lain darii membangun arus ( traffic building ) adalah memaksimalkan jumlah pengguna yang menemukan website saat mencari informasi menggunakan kata kunci pada mesin pencari , direktori , atau portal . perhatikan bahwa ini berbeda dengan iklan berbayar di mesin pencari . Di sini kita mengacu pada alamat website yang terdaftar jika pengguna mengetik kata kunci . Misalnya ketika pengguna mengeti kata kunci ‘ perusahaan minyak ‘ maka perusahaan harus berusaha agar website-nya menjadi sepuluh teratas dari daftar website yang tampil sebagai hasil pencarian mesin pencari , direktori , atau portal karena penelitian menunjukkan hasil bahwa mayoritas pengguna hanya mengecek sepuluh website teratas dan tidak melihat pada halaman selanjutnnya .

Link dari website lain : co-branding dan sponsorship .
Berhubung website yang terdaftar di mesin pencari begitu banyak maka hal iini menyebabkan perusahaan harus menemukan metode yang membangkitkan arus lalu lintas pada website . Maka digunakan metode menghubungkan website perusahaan dari website lain yang berhubungan dengan menggunakan hyperlink . Seringkali disebut dengan ‘ link – building campaign ‘ ( kampanye membangun mata rantai ) . Langkah awal yang baik dari cara ini adalah dengan mencari sebanyak – banyaknya website yang berhubungan dengan website perusahaan . Ada dua metode untuk melkukannya , yaitu : program log-file analyser semisal WebTrends bisa digunakan untuk mengindikasi ’ referring sites ’ ( situ – situs yang berhubungan ) , dan beberapa mesin pencari seperti Alta Vista dan Infoseek menyediakan sebuah fasilitas yang memungkinkan penggunanya untuk mengetik ‘link:’ yang diikuti dengan URL yang kemuidan akan mendaftar website lain yang berantai dengan website spesifik .

Sumber:

Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, 2000, Bab 9.

Zeff dan Aronson, Advertising on the Internet.

Google Adsense Success Story. Martin-Gill dkk, 2009, Volume 2 Issue 1

NY Falcon.com, The Basic of Affiliate Marketing

Wallington & Redfern, IAB Affiliate Marketing Handbook

1 komentar:

  1. CASINO DOUBLE-WINNING CASINO DOUBLE WINNING
    CASINO DOUBLE 익산 출장마사지 WINNING 수원 출장샵 DOUBLE WINNING CASINO DOUBLE WINNING 파주 출장마사지 DOUBLE WINNING DOUBLE 태백 출장안마 WINNING DOUBLE WINNING 나주 출장안마 DOUBLE WINNING DOUBLE.

    BalasHapus